Bikin Iklan Online Seperti Ini, Produk Jadi Laku Keras

Tidak ada komentar 32 views
banner 468x60

Apa penjualan produk Anda masih rendah? Sudah melakukan banyak cara namun penjualan tidak juga naik? Tahukah bahwa yang paling Anda butuhkan saat ini adalah inovasi pemasaran? Dewasa wini, Anda harus mampu beradaptasi dengan teknologi dimana para pesaing Anda sudah melakukan inovasi pemasaran secara online. Tapi Anda tidak perlu bingung bagaimana cara memulainya karena sudah banyak artikel yang mengulas tentang bagaimana cara mengiklankan produk online. Di sini kita akan membahas satu per satu caranya mulai dari memilih target pasar, memilih desain dan bahasa yang tepat, hingga memilih agen iklan berpengalaman.

Memilih target pasar

Dalam memilih target yang pasar tepat, ada tiga hal yang harus Anda pertimbangkan yaitu lokasi, demografi, dan psikologis. Pertama, tentukan target pasar berdasarkan lokasi yang spesifik. Pemilihan lokasi target pasar berbeda dengan lokasi jangkauan pengiriman. Sekalipun bisnis Anda melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, Anda tetap harus membuat daftar lokasi prioritas. Kedua, buatlah klasifikasi pelanggan potensial berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, penghasilan, dan sebagainya. Ketiga, buat klasifikasi pelanggan berdasarkan kepribadian ataupun kebiasannya. Setelah mempertimbangkan ketiga hal ini, Anda bisa mencontoh penggunaannya seperti berikut:

Produk : Kosmetik Korea

Target lokasi : Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Surabaya.

Target demografi : Wanita 17 tahun ke atas (Mahasiswi & Karyawati)

Target psikologis : Mengikuti tren fashion dan penggemar brand Korea

Memilih bahasa yang tepat

Pertama-tama pengusaha produk tertentu harus memperhatikan penggunaan bahasa. Misalnya Anda menjual buku berbahasa Indonesia, Anda hanya dapat menjangkau orang-orang yang cakap berbahasa Indonesia dan Melayu (Malaysia) saja. Tentunya mereka yang tidak paham Bahasa Indonesia tidak akan memilih produk Anda. Kedua dalam memilih bahasa promosi atau bahasa iklan, karena berbeda pemilihan kata, akan berpengaruh kepada hasil. Sebagian enterpreuner meyakini bahwa pemilihan kata yang tepat akan menghasilkan akhir cerita yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh anda hendak menjual kamera, menggunakan kata “20 Mega Pixel, 10 x Zoom, Auto fokus”. Sementara ada iklan yang lain, menjual kamera yang sama, dengan bahasa iklan, “Karena memori mudah pudar”. Bahasa iklan yang tepat ialah bahasa yang membuat produk laku tanpa harus berbohong. Apapun yang akan disampaikan orientasi pebisnis adalah hasil, bukan teknis.

Membatasi lokasi iklan

Cara mengiklankan produk online berikutnya adalah dengan membatasi lokasi iklan. Coba pikirkan, apa benar pembeli produk Anda berasal dari seluruh dunia? Jika Anda hanya melayani pengiriman dalam negeri, bahkan hanya untuk beberapa provinsi saja, tentu menampilkan iklan ke seluruh dunia adalah tindakan mubazir. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda harus menentukan target pasar yang tepat. Selanjutnya Anda mulai bisa menerapkannya pada Google Adwords. Pada bagian Location, pilihlah negara atau kota dimana pelanggan potensial Anda tinggal. Jika Anda menjual bakpia di Yogyakarta, pilihlah Yogyakarta sebagai lokasi iklan. Maka pengguna internet di Yogyakarta bisa melihat iklan Anda, begitu juga dengan pengguna internet yang mengetikkan Yogyakarta di kolom pencarian. Dengan membatasi lokasi iklan Google Adwords, iklan Anda dapat mencapai target pasar spesifik sesuai dengan produk Anda dan pastinya biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien.

Memilih media iklan

Pada poin sebelumnya, kita membahas Google Adwords sebagai salah satu cara mengiklankan produk online. Dengan Google Adwords, produk Anda akan masuk ke daftar pencarian teratas. Meski membutuhkan biaya, media satu ini terbukti efektif dan ampuh mendatangkan banyak keuntungan. Selain Google Adwords, Anda juga dapat menggunakan Facebook Ads, layanan iklan berbayar milik Facebook. Ada tiga (3) keuntungan dari layanan ini. Pertama, pengguna Facebook sangat banyak sehingga sangat cocok untuk branding produk. Kedua, Anda dapat mengatur iklan berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan minat. Contohnya, iklan Jersey Anda hanya dapat dilihat oleh penyuka sepakbola saja. Ketiga, Anda dapat menggunakan gambar dan video untuk beriklan. Contohnya, jika Anda ingin mengiklankan produk hijab untuk wanita dengan rentang usia 23-30 tahun, Anda bisa menampilkan video berupa perjalanan seorang Muslimah dari sebelum berhijab hingga akhirnya mengenakan hijab. Sehingga saat iklan video itu disaksikan oleh target pasar yang tepat, akan tercipta ikatan batin secara otomatis antara Anda selaku pemilik produk dan calon konsumen yang berujung pada aktivitas jual beli.

Memilih desain yang baik

Masih bersinggungan dengan Facebook Ads, keberhasilan iklan Facebook ditentukan oleh target pasar yang tepat dan desain yang baik. Untuk menjangkau banyak pembeli, iklan yang ditampilkan haruslah menarik. Pertama, mulailah dengan tujuan. Contohnya, iklan produk Anda menceritakan tentang alasan seseorang memulai bisnis. Kedua, tonjolkan pengguna produk Anda. Facebook Ads sering muncul di Newsfeed. Agar iklan tidak terasa asing, Anda harus menampilkan gambar orang-orang yang menggunakan produk Anda. Ketiga, gunakan sedikit teks karena terlalu banyak teks akan sangat mengganggu. Justru gambar yang menonjol dengan teks yang sedikit dan rapi akan lebih berdampak besar. Keempat, pastikan Anda menggunakan gambar beresolusi tinggi. Kelima, pastikan Anda sudah mencoba beberapa gambar dan format berbeda sebelum memilih iklan yang akan ditampilkan. Ingatlah untuk selalu melihat pratinjau untuk melihat seperti apa jadinya iklan tersebut sebelum akhirnya ditayangkan. Terakhir dan penting untuk dilakukan adalah menjadi kredibel. Tanpa kredibilitas, Anda tidak akan mampu meyakinkan pengguna internet untuk membeli produk Anda. Ketahuilah bahwa ada banyak iklan tidak kredibel yang akhirnya dianggap spam. Anda memang harus menarik sisi emosional pengguna, namun tidak berarti Anda boleh berbohong.

Memilih agen iklan

Ini adalah cara mengiklankan produk online terakhir dengan jasa Google Adwords. Bersyukurlah jika Anda mampu menjalankan Google Adwords sendiri, namun jika tidak bisa, Anda bisa menggunakan agen iklan Google Adwords yang sudah banyak beredar. Dalam memilih agen iklan, pastikan Anda memilih yang bersertifikat Google Partner. Anda bisa memastikannya di https://www.google.com/partners/ lalu ketik “Indonesia”. Selanjutnya pilihlah agen iklan yang memberikan garansi tayang saat iklan produk Anda tidak tayang karena kendala teknis. Ini akan mencegah Anda dari kerugian. Selain itu, pastikan agen iklan memberikan report berkala yang jelas dan transparan sehingga Anda bisa menilai dan mengevaluasi kinerja iklan Anda. Terakhir, pilihlah agen iklan yang sudah berpengalaman. Anda tentu tidak ingin agen hanya menayangkan iklan saja dan iklan Anda menjadi sia-sia. Jadi pilihlah agen iklan yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia Adwords.

Demikianlah cara-cara mengiklankan produk online. Semoga dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

 

Email Autoresponder indonesia
author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Bikin Iklan Online Seperti Ini, Produk Jadi Laku Keras"